Minggu, 15 Januari 2012

Kota hemat energi

Kota hemat energi ialah suatu wilayah kota yg cermat dalam menangani energi yg harus dikeluarkan untuk kebutuhan kota ,,, kota seperti ini biasanya memberikan kebijakan pd masyarakat kotanya ,biasanya slalu memilah kebutuhan yg pling penting diutamakan , dan yg tidak terlalu penting di alihkan ke lain bentuk agar bisa menghemat energi ,,, contohnya mematikan berbagai macam peralatan yg dapat menghabiskan banyak energi dan mencari solusi lain agar tidak menghambat stabilitas kota ...
permasalahan yg ada saat ini kesadaran masyarakat yg harus lebih ditingkatkan ,dan tentunya dukungan pemerintah pun harus lebih ditingkatkan lagi ... negara-negara besar lainnya sudah menjalankan sistem ini . wakil presiden berkata di jakarta kompas.com, wakil Presiden Boediono menyerukan agar kota dibuat semakin hemat energi sehingga emisi karbon yang dilepaskan kawasan perkotaan berkurang secara signifikan. Untuk jangka panjang, pengurangan emisi gas rumah kaca di perkotaan , seperti karbon, dilakukan dengan pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan. banyak peralatan-peralatan terbaru yg dapat menghemat energi , apalagi jaman smakin berkembang peralatan elektronikpun skarang banyak yg tidak menggunakan lestrik salah satunya kulkas ini   http://www.langitberita.com/wp-content/uploads/2011/12/83.jpg . kemajuan teknologi dapat kita manfaatkan untuk mendukung rencana pembentukan kota hemat energi .cuma terkadang entah ini sudah tradisi di negara indonesia kita atau apa , ga tau jg .... rencana sudah bagus tetapi pelaksanaannya yg melenceng entah karna salah prosedur atau karna ada kenakalan dr para pelaksana ya gtw jg ...  menurut wikipedia penghematan energi adalah yg seperti ini :
Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan. Organisasi-organisasi serta perseorangan dapat menghemat biaya dengan melakukan penghematan energi, sedangkan pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan melakukan penghemaan energi.
Penghematan energi adalah unsur yang penting dari sebuah kebijakan energi. Penghematan energi menurunkan konsumsi energi dan permintaan energi per kapita, sehingga dapat menutup meningkatnya kebutuhan energi akibat pertumbuhan populasi. Hal ini mengurangi naiknya biaya energi, dan dapat mengurangi kebutuhan pembangkit energi atau impor energi. Berkurangnya permintaan energi dapat memberikan fleksibilitas dalam memilih metode produksi energi.
Selain itu, dengan mengurangi emisi, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Penghematan energi juga memudahkan digantinya sumber-sumber tak dapat diperbaharui dengan sumber-sumber yang dapat diperbaharui. Penghematan energi sering merupakan cara paling ekonomis dalam menghadapi kekurangan energi, dan merupakan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan meningkatkan produksi energi. dan mudah mudahan kota kita ini bisa menjadi kota yg hemat energi seperti yg kita harapkan ... amieen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar